RSS

Anatomi Alat-Alat Kandungan

Alat kandungan dibagi atas 2 bagian :
1. Alat kandungan luar (genitalia eksterna)
2. Alat kandungan dalam (genitalia interna)

1. Alat Kandungan Luar
Alat kandungan luar dalam arti sempit adalah alat kandungan yang dapat dilihat dari luar bila wanita dalam posisi litotomi. Fungsi alat kandungan luar dikhususkan untuk kopulasi (koitus).
Mons veneris ialah daerah yang menggunung di atas simfisis, yang akan ditumbuhi rambut kemaluan (pubes) apabila wanita berangkat dewasa. Pada wanita, rambut ini tumbuh membentuk sudut lengkung sedangkan pada pria membentuk sudut runcing ke atas.

Bibir besar kemaluan (labia majora) berada pada bagian kanan dan kiri, berbentuk lonjong, yang pada wanita menjelang dewasa juga ditumbuhi oleh pubes lanjutan dari mons veneris.
Bibir kecil kemaluan (labia minora) ialah bagian dalam dari bibir besar yang berwarna merah jambu. Di sini dijumpai frenulum klitoris, preputium, dan frenulum pudenti.
Klentit (klitoris) identik dengan penis pada pria, kira-kira sebesar kavang hijau sampai cabe rawit dan ditutupi oleh frenulum klitoris. Glans klitoris berisi jaringan yang dapat berereksi, sifatnya amat sensitif karena banyak memiliki serabut saraf.
Vulva adalah bagian alat kandungan luar yang berbentuk lonjong, berukuran panjang mulai dari klitoris, kanan kiri dibatasi bibir kecil, sampai ke belakang dibatasi perineum.
Vestibulum terletak di bawah selaput lendir vulva, terdiri dari bulbus vestibuli kanan dan kiri. Di sini dijumpai kelenjar vestibuli major (kelenjar Bartholini) dan kelenjar vestibulum minor.
Introitus vagina adalah pintu masuk ke vagina.
Selaput dara (hymen)merupakan selaput yang menutupi introitus vagina. Biasanya berlubang membentuk semilunaris, anularis, tapisan, septata, atau fimbria. Bila tidak berlubang disebut atresia hymenalis atau hymen imperforata. Hymen akan robek pada koitus apalagi setelah bersalin. Sisanya disebut kurunkula hymenalis atau sisa hymen.
Lubang kemih (orificium uretra eksterna)adalah tempat keluarnya air kemih yang terletak di bawah klitoris. Di sekitar lubang kemih bagian kiri dan kanan didapati lubang kelenjar Skene.
Perineum terletak di antara vulva dan anus.



2. Alat Kandungan Dalam
Liang Sanggama (vagina). Adalah liang atau saluran yang menghubungkan vulva dengan rahim, terletak di antara saluran kemih dan liang dubur. Ukuran panjang dinding depan 8 cm dan dinding belakang 10 cm. Bentuk dinding dalamnya berlipat-lipat, disebut rugae, sedangkan tengahnya ada bagian lebih keras disebut kolumna rugarum. Dinding vagina terdiri dari lapisan mukosa, lapisan otot, dan lapisan jaringan ikat. Suplai darah vagina diperoleh dari arteria uterina, arteria vesikalis inferior, arteria hemoroidalis mediana, dan arteria pudendus interna.
Fungsi penting dari vagina adalah sebagai (a) saluran keluar untuk mengalirkan darah haid dan sekret lain dari rahim, (b) alat untuk bersenggama, (c) jalan lahir pada waktu bersalin.
Rahim (uterus). Adalah suatu struktur otot yang cukup kuat, bagian luarnya ditutupi oleh peritoneum sedangkan rongga dalamnya dilapisi oleh mukosa rahim. Rahim berbentuk seperti bola lampu pijar atau buah pear, mempunyai rongga yang terdiri dari tiga bagian besar, yaitu : badan rahim (korpus uteri)berbentuk segitiga, leher rahim (serviks uteri)berbentuk silinder, dan rongga rahim (kavum uteri). Bagian rahim antar pangkal tuba yang disebut fudus uteri, merupakan bagian proksimal rahim.
Dinding rahim secara histologik terdiri dari 3 lapisan :
(1) Lapisan serosa (lapisan peritoneum), di luar
(2) Lapisan otot (lapisan miometrium), di tengah
(3) Lapisan mukosa (lapisan endometrium), di dalam
Letak rahim dalam keadaan fisiologis adalah anteversiofleksi.
Fungsi utama rahi adalah (a) setiap bulan berfungsi dalam siklus haid, (b) tempat janin tumbuh dan berkembang, (c) berkontraksi terutama sewaktu bersalin dan sesudah bersalin.
Saluran telur (tuba falopii. Adalah saluran yang keluar dari kornu rahim kanan dan kiri, panjangnya 12-13 cm, diameter 3-8 mm. Bagian luar diliputi oleh peritoneum viseral yang merupakan bagian dari ligamentum latum. Bagian dalam saluran dilapisi silia, yaitu rambut getar yang berfungsi untuk menyalurkan telur dan hasil konsepsi.
Saluran telur terdiri dari empat bagian, yaitu : pars interstisialis, pars ismika, pars ampularis, dan infundibulum
Fungsi saluran telur adalah (a) sebagai saluran telur, menangkap, dan membawa ovum yang dilepaskan oleh indung telur, (b) tempat terjadinya pembuahan (konsepsi=fertilisasi).
Indung telur (ovarium. Terdapat dua indung telur, masing-masing di kanan dan di kiri rahim, dilapisi mesovarium dan tergantung di belakang ligamentum latum. Bentuknya seperti buah almond, sebesar ibu jari tangal (jempol) berukuran 2,5-5 cm x 1,5-2 cm x 0,6-1 cm. Indung telur ini posisinya ditunjang oleh mesovarium, lig. ovarika, dan lig. infundibulopelvikum.

0 comments:

Posting Komentar

Related Posts with Thumbnails